Kadis Perikanan Muara Enim Tabur 40.000 Benih Ikan di Lubuk Pendayanan

Headline, Sumsel274 Dilihat

Muara Enim-Detikbrita.com
Desa Tanjung Lalang Kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim, mendampingi Kepala Dinas Perikanan menabur benih ikan, sebanyak 40.000 ekor ikan terdiri dari jenis jelawat, baung, tembakang dan ikan nilem atau ikan Palau dilepas kepala Dinas perikanan kabupaten muara Enim Jum’at 09/12/2022 di lubuk pendayanan dan pangkalan pasir desa Tanjung Lalang kecamatan Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim.

Hal tersebut diuangkapkan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Muara Enim, melalui Kabid Budidaya Perikanan Johan, tujuan dilepas benih ikan di sungai Enim dalam rangka melestarikan jenis yang memang sudah agak langkah seperti jenis ikan jelawat, baung, tembakang dan ikan nilem.

Menurut Johan “tujuan kita lepas benih ikan ini untuk pelestarian, karena kita tau bahwa jenis ikan yang dilepas ini populasinya memang sudah agak langkah,” ucapnya.

Tambahnya, dan ini juga merupakan indikator lingkungan, apakah masih hidup jika kita tabur ikan disini dan jika ikan yang lepas ada perkembangbiakannya, tentu masyarakat desa Tanjung lalang sendiri yang menikmatinya.

“Saya berharap, agar masyarakat sana sama untuk menjaganya, jika ingin mencari ikan, sebaiknya dengan pancing, jala atau jaring, janganlah cari ikan memakai apa yang dilarang Pemerintah, seperti menyetrom atau dengan bahan peledak, ini ada sanksi nya jika dilakukan,” pinta Johan.

Sementara penaburan brnih didampinggi Kepala Desa Tanjung Lalang Edy Anwar dan menghimbau kepada masyarakat, agar tidak pakai tuba atau dinamit yang akan menghabisi semua jenis ikan, lebih baik dijaga bersama agar tetap hidup dan berkembang biak.

Lebih lanjut dikatakan Edy “hal ini merupakan upaya pemerintah agar ikan yang ada di sungai tetap lestari, ini untuk masyarakat, justru itu mari sama sama kita jaga jangan sampai punah jenis yang sangat langkah ini,” demikian harap Edy.

Pada kegiatan pelepasan ikan, dihadiri Kabid budidaya Dinas perikanan didampingi Kasi dan staf Dinas Perikanan Kab. Muara Enim, Kades Tanjung Lalang Edy Anwar, Babinsa Desa Tanjung Lalang Bambang, Karang Taruna serta perangkat Desa Tanjung Lalang. (Indra).

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *