Peran jurnalis dan Ormas Menangkal Berita Hoax dan Issu Sara Pemilu Serentak 2024

Sumsel62 Dilihat

Muara Enim – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Muara Enim menggelar acara Sosialisasi Pengawasan Penyelenggara Pemilu Partisipatif dengan Tema “Peran Media dan Ormas dalam menangkal Berita Hoax dan Isu Sara pada tahapan pemilu serentak tahun 2024 di Hotel Griya Sintesa Muara Enim Sumatera Selatan. Sabtu (09/12/23).

Kegiatan tersebut menghadirkan Dinas Kominfo Kabupaten Muara Enim, PD Muhammadiyah Kabupaten Muara Enim , PC Nahdlatul Ulama Kabupaten Muara Enim, Forum Komunikasi Umat Beragama dan ( FKUB ) Kabupaten Muara Enim serta insan jurnalis di Kabupaten Muara Enim

Diungkapkan narasumber yang didatangkan dari Bawaslu Provinsi Sumatera Selatan dalam paparannya, Dra Massuryati menuturkan, bahwa menjelang Pemilu 2024, di masyarakat Indonesia dipastikan terjadi eskalasi politik yang sangat signifikan.

Lanjutnya, tentu banyak berseliweran bermacam isu yang dihembuskan masyarakat dari berbagai macam media sosial yang belum bisa dipastikan kebenarannya. Dalam hal ini insan pers harus lebih peka terhadap isu  tersebut, agar disaring dan disimak sebelum menayangkan dalam pemberitaan baik di media mainstream maupun media online para jurnalis.

Para insan pers harus menggali lagi lebih dalam tentang isu – isu yang timbul di masyarakat sebelum disampaikan melalui media mainstream. Karena bila tidak bisa menjadikan sebuah pemberitaan di media mainstream oleh insan pers menjadi berita hoax.

“Karena itu, peran para jurnalis pada saat itu agar untuk dipastikan kebenaran isu tersebut dalam memberikan informasi yang jelas dan akurat sebelum ditayangkan melalui media massa para jurnalis, dan Isu yang berkembang di tengah tengah masyarakat harus dicari dan digali, tanpa mencari tahu lebih dalam lagi dari para narasumber yang dapat di percaya,” ujar Massuryati.

Senada apa yang disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Muara Enim, Zainudin, SP., M.Si menambahkan, dirinya sangat berharap tahun politik Pemilu 2024 ini, insan pers di Kabupaten Muara Enim dapat berperan aktif sebagai penangkal berita hoax di masyarakat.

Sebagai Ketua Bawaslu Kabupaten Muara Enim, akan selalu membuka diri untuk berkomunikasi jika dibutuhkan insan jurnalis yang berkaitan dengan tugas dan fungsi Bawaslu.

“Kita selalu siap untuk berkomunikasi memberikan informasi dengan jelas untuk sharing bagi rekan – rekan jurnalis jika diperlukan, tentunya yang berkaitan dengan tugas dan fungsi Badan Pengawas Pemilu,” katanya.

Pada kesempatan ini juga dilaksanakan penandatanganan MOU (nota kesepahaman) antara Bawaslu Kabupaten Muara Enim dengan Dinas Kominfo Kabupaten Muara Enim, PD Muhammadiyah, PC Nahdlatul Utama dan FKUB

By Shella

BAGIKAN :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *